Pengalaman Operasi II

Tanggal 17 Desember 2019 malam, mama dapet whatsapp dari RSUD Bekasi bahwa mimin Ncb harus masuk di ruang rawat inap karena besoknya aku harus dioperasi. Sebenarnya dapat baru buka pesannya di malam hari, padahal dikabarinnya sore. Karena ga ada persiapan sama sekali, dan mama udah panik resleting tas rusak saking paniknya mama. Malam itu aku ga keramas jadi utamain sampo sama sikat gigi karena aku yakin selama beberapa hari rambutku bakalan bau dan lepek. Malam jam 8 pesan grab dari rumah ke RSUD. Ku berpamitan pada yang dirumah. Selama di mobil aku cuman bisa diam ga tau besok bakalan kaya apa cuma berpasrah diri aja. Mama sepanjang jalan berdoa terus. 

Sampe di RSUD seperti biasa mama harus ambil infusan sama obat pencahar (botolnya gede banget) sekalian beli makan padahal mah aku udah makan malam tapi karena jam 2 malam mesti puasa total. Jam 11 malam aku dipasang infus. Aku tidur sambil memikirkan sesuatu yang tidak seharusnya aku pikirkan. Jam 5 pagi suster datang untuk cek suhu, habis itu di masukin obat pencahar ke anus itu sakit banget malah botolnya gede banget (sebelumnya kalo aku susah BAB ga pernah mau buat beli obat pencahar yg dimasukin), ga lama obat itu bekerja langsung buru-buru toilet, ga sekali tapi ada kali 3 sampe 4 kali aku ke toilet mulu selesai perutku aman, aku mandi untuk pertama kalinya dalam sejarah aku dimandiin padahal udah gede (itu karna ada infusan guys) mama keramasin rambutku asal-asalan. aku langsung pake baju operasi yang diiket dibelakangnya warna biru muda, setelah itu aku tiduran lagi, kusuruh mama buat beli sarapannya, pas mau beli sarapan bapa dateng bawa kursi roda memanggil namaku (dalam hatiku ko cepet ya) aku disuruh naik kursi roda itu. Sambil nunggu mama yang beresin tempat tidur dan ambil barang-barang berharga hp, dan chargeran ga boleh ditinggal. Berjalan ke ruang operasi, saat menaiki lift khusus pasien ada pasien perempuan yang usianya hampir sama kaya aku, dia juga takut. Mama nanya sama bapa-bapa yang bawa kursi rodaku tentang berapa lama operasinya. Jawabannya mungkin paling cepet 5 jam bu. 

Sampe di depan pintu ruang operasi, ku disuruh masuk, mama udah ga boleh masuk. Masuk ke dalam ruang tunggu operasi dingin banget mana aku pake baju selapis ga pake sepatu setiap menit aku menggigil. Disana udah banyak banget orang yang mau dioperasi mulai bayi umur 3 tahun, anak kecil umur 8 thn, ada yang seusiaku dan kakek nenek. Pasien perempuan yang aku temuin di lift dia nangis ketakutan padahal dia mau operasi usus buntu itu menurutku operasi kecil. Keluarga pasien bisa intip-intip di kaca pintu operasi, sesekali mama liatin aku. Rame banget yang mau dioperasi sambil pikiran positif aku mikir pasti mereka dulu lah yang dioperasi kan nunggu dokter anestesinya satu-satu. Ada laki-laki yang pake baju serba ijo bilang diabesen dulu ya.. saat diabesen itu ada ibu yang dipanggil dan dia masuk ke pintu operasi. Terus tiba-tiba ada yang manggil namaku, aku tunjuk tangan terus dibilang ok tunggu ya. Dan mereka bersiap untuk aku. Karena aku duduk dekat pintu operasinya aku lihat laki-laki itu sama temennya lagi masukin cairan gitu di botol dan salah satu bawa tempat tidur bentuknya kaya besi. Aku liat jam udah 8 sambil lirik kaca pintu operasi siapa tau mama liat aku lagi. Ternyata mama ga liat aku. Karena aku udah disuruh naik tempat tidur itu dan dibawa ke ruangan operasinya sepanjang lorong itu warna kuning. Sambil dibawa ke ruangan operasinya itu lebih dingin 5xlipat super duper dingin tiap detik menggigil. Masuklah aku diruangan operasinya lebih dingin lagi. Mereka bersiap semua alat dinyalain. Banyak komputer yang digantung, terus monitor jantung dinyalain kedengaran bunyi bip bip, ada balon yang buat oksigen gitu terus ada lampu besar, ada alat setengah lingkaran gede banget yang kalo aku search di google itu alat rontgen buat operasi gitu. Oh ya, yg manggil namaku tadi itu dokter anestesinya. 

Dan dokter anestesinya laki-laki hampir semua yang melakukan persiapan itu laki-laki. Dokter anestesinya suruh aku lepasin baju lenganku, karena pastinya aku bakalan dipindahin ke tempat tidur operasi. Ku bener-bener malu banget. Setelah itu dokter mulai kasih aku suntikan pertama, ini sakit banget sampe kubilang sama dokternya kalo itu sakit, aku disuruh nahan sakitnya. Habis disuntik itu kepalaku mulai pusing terasa beda dari yang sebelumnya, serasa dunia itu lagi bergoyang, sampe aku bilang dalam hati "aduh-aduh ko pusing mau jatoh", terus dikasih lagi suntikan kedua ini ga sakit. Dokternya bilang pas lagi suntikin ke tanganku "habis ini kamu bakalan tidur ya". Aku masih bisa denger suara orang-orang yang lagi persiapan di tempatku, mereka sama dokter anestesinya nyanyi-nyanyi. Tiba-tiba bola mataku berputar-putar, aku bingung kenapa bisa berputar bola mataku. Yang tadinya masih bisa denger suara mereka lama-lama ga denger apa-apa dan mataku dibuat berputar aku liat pintu operasinya. Dan aku ga sadar sama sekali. 

Ditunggu part 2 nya ya guyss 

Ini rontgen yang aku lakuin di tahun 2018, di RS Awal Bros
(sekarang RS Primaya Bekasi)

Aku terkena scoliosis dah lama guys. Awal mulanya juga ku tak tahu. Tapi sepertinya ini terjadi saat aku mulai masuk SMP. Di SMP guru OR ku cuman ada 1 yang artinya 3 tahun bareng sama guru itu terus. Guru OR ku ini termasuk yang disiplin banget dia mau semua murid-muridnya olah raga. Tiap ambil nilai, UTS, UAS, pasti ambil nilai sit up, push up, roll depan, roll belakang, kayang, sikap lilin pokonya olah raga yang seperti itu deh. Jadi kelas satu kalau ambil nilai itu misal sit up,4x sit up=nilai 1, nah bayangin kalo mau dapet nilai pas KKM (75) berapa dah itu, kalau kelas dua itu bertambah 5x untuk nilai 1. Tiap tahunnya bertambah. Kalau remedial harus lari dilapangan siang bolong karena guru OR nya ga suka ganggu pelajaran lain. Jadi pulang sekolah remedial lari sama juga untuk ambil nilainya 4xputaran=1 nilai. 

Nah mungkin ini sih firasatku, saat mulai masa pertumbuhan di SMP ini tubuhku banyak mengalami pergeseran yang tidak kuketahui. Pasti tiap selesai OR besoknya semua badanku encok kalau dipikir itu aku terlalu memaksakan supaya nilaiku aman dan ga ada remedialnya. Dan aku mulai pertama kali menstruasi itu terlambat di akhir kelas 2 atau memasuki kelas 3 SMP (kalo ga salah). Telat banget kan. Mungkin disitulah mulai bergeser sedikit demi sedikit. Membuat tubuhku jadi bengkok ga lurus.
Aku tahu keadaanku juga kelas 3 SMP dari mulai mama yang liat aku punya punuk, terus aku juga ngaca ga simetris bahuku, aku nunduk keliatan punuk sebelah kanan. Satu-satunya cara buat orang ga liat kekuranganku dengan aku gerai rambutku. Padahal rambutku itu kaya singa mesti diikat terus ga jatuh lurus. Malah lurus keriting hancur deh. 

Mimin
Ncb

Komentar

  1. Wahh maksih ya ka udah cerita pengalaman operasi kaka. Aku jadi tau nanti step2 nya. Aku juga alamin hal persis kaya kaka. Tapi ku belum berani. Takut. Aku nyoba yg terapi aja sama pake brace yang di satuin sama badanku. Kita itu istimewa ka... Semangat buat kita

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengalaman Operasi II part 2

Call Me Ncb