Pengalaman Operasi I

Saat aku berumur 10/11 tahun lebih tepatnya saat aku masuk kelas 5 SD, untuk pertama kalinya aku ngerasain yang namanya operasi. Padahal aku ga pernah ngerasain sakit atau jatuh pingsan di sekolah. Bermula saat aku, mama, dan adek perempuanku kita bertiga mandi bareng, biasalah kalo orang mandi pasti telanjang apalagi ini perempuan semua. Saat mandi ini aku teriak manggil adekku buat ambil gayung, nah disitu mamaku liat aku ada benjolan di sekitar area selangkanganku, untuk memastikan itu mama suruh adekku untuk teriak agar membandingkan antara punyaku dengan adekku tapi cuman aku aja yang kalo teriak kencang ada benjolan kecil. Mama cerita sama bapa, akhirnya kita mutusin buat pergi ke puskesmas karena mama udah punya firasat kalo aku ini kena hernia. Ketemu sama dokter periksa secara fisik disuruh lepas celana dan teriak, disitu dokter juga liat ada benjolan kecil. Dokter kasih rumah sakit rujukan ke RS Budhi Asih dulu belum ada BPJS. Di RS Budhi Asih ada banyak banget pemeriksaan yang harus aku jalanin, akupun udah ga inget apa aja rangkaian pemeriksaannya yang cuma aku inget ambil darah aja, aku juga inget waktu ambil darah itu ada bayi yang lagi di timbang dan itu aku ada di poli anak. Akhirnya disuruh dokter untuk melakukan operasi pengangkatan benjolan itu. Hernia itu semacam turun berok. Cuman turun berokku ini udah sampe keliatan benjol kecil yang kata dokter itu bisa jadi membesar seiring dengan pertumbuhanku. Hari dimana operasi, ini benar-benar singkat karena aku ga perlu rawat inap selesai operasi bisa langsung pulang. Aku inget banget pagi-pagi dibangunin mama buat sarapan karna aku perlu puasa, mama bapa siap-siap berangkat ke RS. Sampe di RS kita bertiga pergi ke ruangan Operasi disitu aku liat banyak banget orang-orang yang keliatan sakit yang perlu dioperasi sedangkan aku, aku bener-bener sehat bisa jalan, lari sana-sini. Mereka semua antri buat dapet panggilan. Semakin lama aku makin bosan karena terlalu lama nungguinnya sampe akhirnya namaku dipanggil. Ketakutan deh disitu. Mama masuk, akupun masuk ada perawat yg suruh aku untuk buka semua baju. Dan pake baju operasi yang aku inget warna biru muda. Perawat itu pegang tangan aku, bilang "yuk sama suster aja" aku langsung ikutin si perawat itu. Aku sadar kalo mama ga ikutin aku, aku nengok ke belakang, mama cuman bisa lambai tangannya suruh aku ikutin susternya akupun nangis. Sampe situ aku liat ruangan itu gelap. Dikejauhan ada 2 lampu besar menyala dan ada beberapa orang kumpul layaknya seperti di drama tentang medis mereka melakukan operasi bukan 1 yang dioperasi tapi ada 2 orang yang dioperasi, ruangannya bener-bener dingin dan perawat itu menyuruhku untuk memeluknya. Aku memeluk kakinya karena saat itu masih kecil tinggi badanku hanya sampai kaki perawat itu. Si perawat menyuruhku untuk naik ke tempat tidur, saat aku sudah mulai berbaring, lampu besar operasi dinyalakan disitu aku ketakutan dan berteriak untuk dengan bertemu dengan mama, aku mau turun dari tempat tidur tapi semua orang yang memakai baju yang sama denganku dilengkapi masker dan penutup kepala memegang tangan dan kakiku. Ada seorang yang menaruh oksigen di hidungku, yang membuatku terasa kesulitan bernapas, dan seorang yang lain menyuruhku untuk menghisap oksigen itu, sambil menangis dan berteriak "mama" aku atur pernapasanku. Lama-lama aku mulai pusing semua yang kulihat jadi ada bayangannya. Dan akhirnya aku ga sadar. Aku bangun karena mendengar suara, suara yang berisik, dalam hati aku bertanya "berisik banget ini dimana sih" Pelan-pelan aku membuka mataku dan aku sadar bahwa aku baru melakukan operasi. Mama disampingku dan bapa ada di depanku beliau sedang menonton tv pertandingan sepak bola. Aku bicara sama mama sebentar dan diberikan teh hangat. Akupun tidur lagi Aku mulai bangun lagi karena dengar suara berisik, saat membuka mata aku sudah ada di gendongan bapa karena aku sudah diperbolehkan pulang. Dengan syarat harus istritahat total selama kurang lebih seminggu. Selama dirumah aku sama sekali tidak boleh bergerak, mau ke kamar mandi harus dibopoh. Bener-bener pengalaman operasi yang buat aku cukup ga ada lagi yang namanya Ncb harus dioperasi. Pesan yang didapat dari ceritaku ini: 1. yang tahu aku sakit itu adalah orang tua, mama mereka selalu ada bahkan disaat kita lagi sakit, kalau mama ga pernah liat benjolanku mungkin akan lebih parah untuk kedepannya, karena saat itu aku ga punya keluhan sama sekali. 2. kita ga tau kapan penyakit itu datang jadi ada lebih baiknya untuk bisa berpola hidup sehat guyss... cukup sekian dulu ceritaku pengalaman operasi I,,, jika kalian punya pengalaman yang sama tentang berjuang untuk melepaskan benjolan apapun dalam tubuh kalian atau punya penyakit hernia atau penya pengalaman operasi yukk silahkan komen aja kasih saran juga boleh aku tunggu ya...

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengalaman Operasi II

Pengalaman Operasi II part 2

Call Me Ncb